University Farm

INSTITUT PERTANIAN BOGOR

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Home Agribusiness Development Station, Cikarawang

Agribusiness Development Station, Cikarawang

E-mail Print PDF

 

 

AGRIBUSINESS DEVELOPMENT STATION, CIKARAWANG

(ADS CIKARAWANG)

 

Agribusiness Development Station, Cikarawang (ADS Cikarawang) merupakan usaha kegiatan agribisnis terpadu yang mengintegrasikan produksi dan pemasaran dalam satu paket kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat petani.


Lokasi Kegiatan berada di sekitar kampus (di luar kompleks kampus IPB Darmaga) dengan fasilitas petak-petak percobaan (demonstration plot/demplot), baik berupa hamparan terbuka maupun rumah kaca atau jaring (green house dan screen house), sumber air, packing house, dan ruang training


Kegiatan ADS memanfaatkan teknologi yang dikembangkan oleh perguruan tinggi ataupun lembaga penelitian di luar perguruan tinggi untuk menghasilkan produk benih, teknik budidaya, pemupukan, dan lain sebagainya, disamping teknologi pasca produksi yaitu penjaminan mutu produk melalui penanganan pasca panen yang tepat (penyimpanan, grading, packing, dan labeling).  Teknologi yang telah dihasilkan selanjutnya diaplikasikan kepada para petani sebagai mitra ADC dan pemasok hasil untuk dipasarkan.  Petani mendapatkan pelatihan dan pendampingan teknis sehingga diharapkan mutu produk dapat terkendali dan sesuai dengan permintaan pasar.


Dalam kegiatan pemasaran, ADS telah mengidentifikasi komoditas sesuai permintaan pasar tinggi dan memiliki kelayakan ekonomis (misalkan harga jual relatif stabil, supply/pasokan masih rendah, dan biaya produksinya masih terjangkau).


Kegiatan Pendampingan ADS

Pendampingan petani dikelompokkan ke dalam tiga bagian yaitu:

  1. Pendampingan petani jambu kristal.
  2. Pendampingan produksi sayuran organik (bayam, kangkung, caisim, sawi emas, selada, pakcoy, bayam merah, kailan)
  3. Pendampingan produksi sayuran dan buah-buahan non organik (pepaya, bitter guard, asparagus, tomat chery, french bean, oyong, bawang kucai, pare putih)


Kegiatan Pemasaran ADS

ADC melakukan aktifitas pemasaran hasil hasil produksi dari petani binaan. Hasil hasil produksi dipasarkan ke beberapa supermarket / outlet khusus sayuran dan buah di wilayah Jabodetabek.. Strategi pemasaran ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani.


Kegiatan Percobaan dan Pelatihan ADS

ADS, Setiap bulan sekali mengundang petani untuk mendiskusikan dan mencari penyelesaian masalah yang berkaitan dengan produksi, pasca panen, pendampingan petani, organisasi, keuangan, dan lain sebagaianya.

Kegiatan ADS

Kegiatan ADC

 

Secara teknis, ADS Cikarawang  dikelola oleh Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT).  Informasi rinci terkait dengan ADS Cikarawang dapat menghubungi Prof. Dr Ir Anas D. Susila, MSi. Tilp (0251) 8425627

 

Last Updated on Friday, 24 February 2017 07:14  

Add comment


Security code
Refresh